Monday, October 10, 2016

Apa itu Madu Trigona





Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah di telan bagi orang-orang yang meminumnya. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempulah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (Kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS : An-Nahl ayat 68-69)

Madu Ratu Trigona merupakan salah satu produk alam yang dihasilkan oleh lebah yang telah lama dikenal dan dimanfaatkan di Indonesia karena khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Madu Ratu Trigona adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur, daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi)

Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .

Trigona adalah salah satu jenis lebah di Sulawesi Salah satu kelebihan utama Lebah Trigona yaitu lebih banyak  menghasilkanpropolis dibanding madu. Trigona juga menghasilkan propolis berkualitas tinggi. Hasil riset Ir H.A.E Zainal Hasan MSi dari Institut Pertanian Bogor membuktikan bahwa kadar flavonoid propolis trigona mencapai 4%; propolis apis, 1,5%. Kadar flavonoid mempengaruhi proses penyembuhan penyakit.

Semakin tinggi kandungan flavonoid dalam propolis, penyembuhan penyakit berpotensi kian cepat, propolis trigona bersifat antibakteri - Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus aureus, penyebab beragam penyakit.Staphylococcus aureus, misalnya, jenis kuman penyebab infeksi kulit hingga terjadi bisul atau luka bernanah.Ia juga menyerang saluran pencernaan.
Secara umum madu berkhasiat untuk menghasilkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan stamina. Banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan madu di antaranya penyakit maag/lambung, radang usus, jantung, hipertensi,dsb. Selain itu, dalam madu terdapat zat asetil kolin yang dapat melancarkan metabolisme seperti memperlancar peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.
Walaupun memiliki pH yang rendah, ternyata madu bisa meningkatkan pH lambung.Hal ini disebabkan madu mengandung mineral yang bersifat alkali dan berfungsi sebagai buffer.Semakin gelap warna madu, biasanya kandungan mineralnya tinggi sehingga semakin tinggi pula alkalinitasnya. Kandungan mineral magnesium dalam madu ternyata sama dengan kandungan magnesium yang ada dalam serum darah manusia. Selain itu kandungan Fe dalam madu dapat meningkatkan jumlah eritrosit dalam darah manusia dan dapat meningkatkan kadar haemoglobin. Madu serta propolis juga sering digunakan sebagai obat sariawan.
Madu yang dihasilkan oleh lebah Trigona sangat baik untuk mengobati penyakit lambung, asam urat, jantung, asma, dan kadar kolesterol yang tinggi, luka luar dan penyakit infeksi. Untuk perawatan tubuh, madu dapat dibuat untuk lotion, masker, sabun, sampo, dan bahan untuk luluran, campuran lipstik, pelembab, bedak, obat tetes mata alami.
Salah satu sifat madu adalah bersifat mengawetkan.Madu mempunyai sifat osmolalitas yang tinggi sehingga bakteri sulit untuk hidup.Madu mempunyai sifat higroskopis yaitu menarik air dari lingkungan sekitarnya.Dengan sifat higroskopis ini madu dapat dipakai untuk mengompres luka luar seperti borok akibat infeksi.
Luka-luka yang bersifat basah akan lebili cepat kering karena air di permukaan bagian tubuh yang luka akan ditarik oleh madu. Penyakit lain yang dapat diobati dengan madu diantaranya penyakit paru (tuberkulosis), sakit mata, penyakit saraf, tekanan darah rendah, penyakit lever, sakit kepala, impotensi, dan penyakit infeksi saluran kemih.
Penyakit luar yang dapat diobati dengan madu adalah luka bakar, bibir pecah-pecah, sariawan, dan penyakit kulit lainnya. Madu juga  baik dikonsumsi ibu hamil di antaranya mencegah keracunan kehamilan,menambah daya tahan tubuh, dan baik bagi] pertumbuhan janin /anak.
Ibnu Sina (Avicenna) seorang ilmuwan muslim yang terkenal menyatakan bahwa madu dapat memperpanjang umur dan memelihara kemampuan bekerja dihari tua; Menurutnya orang yang berumur 45 tahun ke atas harus minum madu teratur bersama buah-buahan berdaging keras yang banyak mengandung minyak.
Dioscorides, seorang ilmuwan Yunani terkenal menyatakan dalam lukisannya bahwa madu itu sangat mujarab untuk mengobati penyakit usus dan luka-luka infeksi.Bapak kedokteran modern Hippocrates, ribuan tahun yang lalu berkata “Jadikanlah makanan sebagai obatmu, dan obatmu sebagai makanan.”Salah satu makanan yang di-maksud adalah madu.Makanan yang dicampur madu mempunyai khasiat yang tiada taranya.Hippocrateshidup sampai  berumur 107 tahun.
Karakteristik Madu: 
v  Mudah dicerna karena molekul gula didalam madu mudah diubah dari fluktosa menjadi glukosa, sehingga membantu mempercepat pencernaan dan menjadikan pencernaan berfungsi lebih baik.
v  Merupakan Anti oksidan yang baik untuk mencegah penyakit kanker dan liver.
v  Berkalori rendah. Bila kadar gulanya dibandingkan dengan bahan lain, madu mengandung kalori 40% lebih rendah.
v  Cepat menyebar dalam darah, dalam waktu 7 menit bila ditambahkan dengan air putih.
v  Membantu pembentukan sel darah karena madu menyediakan energi penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah sekaligus membersihkan darah.
v  Tidak mengakomodasi bakteri yang merugikan manusia.

Apa khasiat madu ?
ü  Pengobatan dengan madu tidak menimbulkan inflamasi/ borok
ü  meringankan sakit tenggorokan dan batuk.
ü  Madu menyebabkan rasa sakit berkurang
ü  Madu membersihkan infeksi
ü  Madu menghilangkan bau pada luka
ü  Penyembuhan berjalan cepat tanpa menimbulkan bekas luka
ü  Madu bersifat antimicrobial yang dapat mencegah microba tumbuh
ü  Tidak menimbulkan rasa sakit pada saat penggantian pembalut karena tidak lengket
ü  Mempunyai stimulatory effect yang mempercepat tumbuhnya jaringan tubuh kembali 
ü  Dan banyak lagi lainnya. 

Hasil riset membuktikan madu lebih effective dari antibiotic buatan manusia seperti silver sulfadiazine.

 Khasiat Madu Ratu Trigona  pada Darah
  1. Memulihkan kembali bekuan darah dan membetulkan pengaliran darah.
  2. Membersihkan lapisan darah.
  3. Mengimbangi kandungan lemak dan membuat jantung aktif.
  4. Menghilangkan rasa kebas-kebas dan mengurangkan tekanan darah tinggi.
Khasiat Madu Ratu Trigona menambah kekuatan tubuh
  1. Cepat memulihkan, menyegarkan dan menambah tenaga tubuh badan.
  2. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  3. Memperkuat kerja jantung
  4. Menambah kekuatan sex dikarenakan madu mempunyai kandungan mineral boron.
Khasiat Madu Ratu Trigona sebagai Pengobatan
  1. Luka diabetes akan cepat sembuh dengan diolesi madu asli
  2. Minum 2 sendok teh madu asli sebelum tidur akan menghilngkan penyakit insomnia
  3. Meminum madu asli yang kaya propolis (madu trigona)  membantu penyembuhan kanker.
  4. Madu Asli memiliki kemampuan lur biasa untuk mengatasi penyakit Ginjal, lever, jantung,lambung, usus, dll.
Khasiat Madu Ratu Trigona untuk Kecantikan.
  1. Madu asli baik untuk menjaga kelembutan dan kelenturan kulit.
  2. Madu asli baik untuk meremajakan dan mencerahkan kulit wajah.
  3. Gunakan 1 sendok teh madu untuk creambath rambut akan membuat rambut segar dan berkilau.
  4. Madu asli juga terbukti untuk menjaga tubuh tetap awet muda.
  5. Membantu mengelupaskan jaringan kulit yang rusak/mati.
  6. Mebersihkan kulit dari peradangan dan infeksi bakteri ( jerawat )
  7. Menghaluskan dan menyegarkan kembali jaringan kulit sehingga bisa tampil lebih lembut dan segar.
Manfaat Madu Ratu Trigona dapat dikonsumsi oleh segala tingkatan usia. Janin : Madu dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim).
Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi. Juga membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan, madu dapat memudahkan proses melahirkan.
Bayi : Madu membantu perkembangan otak bayi. Setiap harinya, otak bayi terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ) dan kecerdasan mental (EQ) .
Anak-anak : Madu membantu meningkatkan nafsu makan. Hal ini dikarenakan adanya unsur vitamin B yang lengkap.Dengan begitu, anak menjadi tumbuh sehat, lincah, dan riang serta tahan penyakit.
Remaja : Khasiat madu pada akil baligh remaja membuat tumbuh sangat cepat. Gizi yang baik dan teratur akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.
Dewasa : Tingkat kelelahan dan pekerjaan yang menumpuk mengakibatkan stress sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Dalam hal ini para pekerja pabrik yang bekerja keras seharian penuh (long shift) tanpa zat gizi yang memadai rawan terjangkiti penyakit seperti thypus, radang, serta infeksi bakteri lainnya.Maka dalam hal ini, madu adalah makanan tambahan yang terbaik.

Lanjut Usia : Madu adalah makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula. Karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh, di mana pada usia tersebut organ pencernaan kita sudah mulai berkurang fungsinya.(Dikutip dari: artikelindonesia.com)

No comments:

Post a Comment